Indikator 27. Penerapan Manajemen Perubahan

Domain : Manajemen SPBE
Aspek : Penerapan Manajemen SPBEĀ 

Penjelasan Indikator:

  1. Manajemen Perubahan dilakukan melalui serangkaian proses perencanaan, analisis, pengembangan, implementasi, pemantauan dan evaluasi terhadap perubahan SPBE.
  2. Manajemen Perubahan bertujuan untuk menjamin keberlangsungan dan meningkatkan kualitas Layanan SPBE melalui pengendalian perubahan yang terjadi dalam SPBE.
  3. Lingkup Manajemen Perubahan SPBE:
    1. Perubahan Aplikasi;
    2. Perubahan Perangkat Keras;
    3. Perubahan Perangkat Lunak;
    4. Perubahan Infrastruktur;
    5. Perubahan Proses Bisnis;
    6. Perubahan Lingkungan Organisasi;
    7. Perubahan Layanan;
    8. Perubahan Data;
    9. Perubahan Keamanan;
    10. Perubahan Arsitektur.

Kriteria Penilaian

Kegiatan Manajemen Perubahan SPBE belum atau telah dilaksanakan. Kondisi: Kegiatan Manajemen Perubahan SPBE dilaksanakan tanpa perencanaan

Kriteria tingkat 1 telah terpenuhi dan kegiatan Manajemen Perubahan SPBE dilaksanakan dengan perencanaan. Kondisi: Kegiatan Manajemen Perubahan SPBE tidak/belum dilaksanakan oleh seluruh unit kerja/perangkat daerah terkait di Instansi Pusat/Pemerintah Daerah dengan caranya masingmasing

Kriteria tingkat 2 telah terpenuhi dan kegiatan Manajemen Perubahan SPBE dilaksanakan oleh seluruh unit kerja/perangkat daerah terkait di Instansi Pusat/Pemerintah Daerah sesuai pedoman Manajemen Perubahan

Kriteria tingkat 3 telah terpenuhi dan kegiatan Manajemen Perubahan SPBE telah dilakukan reviu dan evaluasi

Kriteria tingkat 4 telah terpenuhi serta hasil reviu dan evaluasi telah ditindaklanjuti melalui perbaikan Manajemen Perubahan SPBE